Selayang Pandang Pepeling

Sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang perlu disyukuri, dilindungi dan dijaga. Lingkungan wajib dilestarikan secara optimal dan berkelanjutan demi kelangsungan hidup manusia dimuka bumi ini, Sumber Daya Alam (SDA) yang beranekaragam baik didaratan, dilautan dan diudara perlu dilakukan proses pelestarian secara terkoordinasi dan terpadu serta berkesinambungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga tercipta lingkungan yang dinamis serta tetap memelihara kelestarian lingkungan hidup sesuai dengan pembangunan berwawasan lingkungan yang berlandaskan Wawasan Nusantara.

  Disisi lain Negara Indonesia sedang mengalami pertumbuhan disektor industri. Pengaruh globalisasi dan industrilisasi yang terjadi saat ini tanpa disadari keadaan alam yang kaya akan ekosistem dan sumber daya alamnya tidak dapat terhindar dari pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Pepeling terbentuk karena adanya kesamaan tujuan dari remaja dan pemuda yang berada di Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang dan sekitarnya. Nama Pepeling merupakan kependekan dari “Pemuda Pelestari Lingkungan“  dan kata Pepeling memiliki arti “mengingatkan“ dan itu merupakan tugas semua insan untuk saling mengingatkan antar sesama.

Pepeling berdiri pada tanggal 11 November 2006 yang dicetuskan oleh para penggiat lingkungan dan alumni Pasukan Utama (Pastama) yang bertempat Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang yang sebelumnya merupakan Organisasi Kepemudaan.
Adapun tokoh pendiri dari Organisasi Pemuda Pelestari Lingkungan yang disingkat Pepeling diantaranya :
1.      Nasam Karta Wijaya, SE
2.      Drs. Mahpudin, MSi
3.      Mamat Rahmat, S.Pd 
4.      Drs. Abdillah Mawardi Nur, M.Si
5.      Budi Rismayadi, SE,.M.M.
6.      Ahmad Samsudin.

Latar belakang terbentuknya Organisasi Pepeling karena melihat keadaan lingkungan alam yang sangat mengkhawatirkan dengan kondisi lingkungan hutan yang gundul, sampah yang berserakan dan semerawut, keberadaan industri yang kurang memperhatikan lingkungan, tata kelola pembangunan yang asal bangun.  sehingga terjadinya ketidakseimbangan terhadap lingkungan alam Kabupaten Karawang khususnya dan umumnya alam nusantara.


Pepeling terlahir sebagai organisasi yang bergerak pada bidang lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial mengingat lingkungan itu memiliki arti luas, bisa dikategorikan lingkungan masyarakat yang didalamnya manusia ataupun lingkungan alam yang didalamnya pohon dan lainnya, Pepeling hanya bersifat berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk kelestarian lingkungan adapun semuanya akan kembali kepada jalan takdir kehidupan dan atas kekuasaan yang maha pencipta alam semesta ini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment