BATU YAMAN CIBEET - BLACK PAJAJARAN

Batu Yaman Cibeet, Pepeling Karawang

Akik yaman cibeet atau dikenal akik black Pajajaran sangat begitu kental dengan nama sungai cibeetnya sendiri, menurut beberapa nara sumber Sungai Cibeet sendiri merupakan sungai legenda atau dikenal sungai purba, di abad ke 1 di kenal dengan sungai gangga, namun seiring berjalannya waktu nama sungai pun mengalami perubahan dari nama lamanya sehingga akan sangat sulit untuk mengetahui nama sesungguhnya serta sejarah sebenarnya.


Cibeet memiliki beberapa anak sungai, yang diantaranya yaitu Sungai Cicangor, Sungai Cigentis, Sungai Ciherang, Sungai Cibadak, Sungai Ciseah, Sungai Ciroseh dan Ci Pamingkis, serta anak sungai lainnya, Sungai Cibeet berhulu berada di tiga wilayah yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Gunung Sanggabuana Kabupaten Karawang.

Sungai Cibeet yang menjadi saksi dari perjalanan Jonggring Salaka, perjalanan Salaka Domas, perjalanan Salakanagara, perjalanan Tarumanagara, perjalanan Pajajaran, perjalanan Galuh dan Pakuan, perjalanan Sareat Ke Islaman awal, perjalanan perjuangan kehidupan atas sebuah kekuasan terstruktur Mataram, perjalanan pemerintahan dibawah pengaruh imperalisme dengan struktur tatanan dan perjalanan lainnya seiring perjalanan jaman yang terus bergulir.

Sungai cibeet merupakan salah satu saksi perjalanan 5 kerajaan besar di tanah Jawa khususnya Kerajaan Padjajaran, dan menurut nara sumber, batu akik cibeet sendiri sebetulnya memang sudah dikenal sejak jaman dulu. Saat masa kejayaan raja Prabu Siliwangi, batu cibeet ini disebut batu akik ali ampal (batu yang berwarna hitam), yang sering juga disebut batu black Pajajaran.

Kalau menurut seseorang dari cirebon, batu akik ali ampal ini rajanya dari batu akik, dan batu akik yaman sendiri memang terkenal dari dulu akan nilai historisnya serta nilai dari faktor x nya sendiri yang membuat batu ini ada nilai keunikan atau keistimewaan dari batu lainnya yang membuat sebagian orang sangat menyukai batu akik yaman cibeet ini. (AS-Pepeling)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment