7 POTENSI WISATA KABUPATEN KARAWANG


1.   STONE GARDEN KARAWANG
Stone Garden Karawang - Pepeling

Stone Garden atau Taman Batu Karawang adalah salah satu potensi sangat luar biasa yang bisa menjadi kebanggaan untuk destinasi pariwisata Kabupaten Karawang, batuan-batuan berbagai ukuran nampak begitu indah jika dipoles dengan penataan dengan konsep natural, Taman Batu yang berada di Desa Kutamaneuh ini menawarkan keindahan masing-masing sesuai penamaan masyarakat, diantaranya : ada batu tumpang, ada batu liang maung (lobang harimau), dan ada batu masigit semuanya menawarkan pesona akan indahnya alam Karawang.

Stone Garden atau Taman Batu yang dimiliki Desa Kutamaneuh tidaklah kalah jika dibandingkan dengan Stone Garden yang ada diwilayah lain yang ada di Indonesia, maka sangatlah layak jika Stone Garden Desa Kutamaneuh untuk dijadikan Geowisata Stone Garden Karawang mengingat keunikan dan karakteristiknya yang berbeda dengan yang lain akan menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Stone Garden Karawang.

2.    CURUG CIPANUNDA KARAWANG
Curug Cipanunda Karawang - Pepeling

Curug Cipanunda yang letaknya berada di Kampung Tipar Desa Kutamaneuh Kabupaten Karawang, jarak tempuh bila dilakukan dengan berjalan kaki sekitar setengah jam dari Perkampungan Tipar, jalan yang dilalui sangatlah indah dengan nuasa alamnya yang relatif masih alami dikelilingi perbukitan dan hamparan sawah yang berundak-undak dapat menjadi objek bidikan poto selama perjalanan sehingga akan mengurangi rasa lelah kita selama perjalanan.

Kondisi curug Cipanunda yang unik dengan undakan-undakan bebatuan tersusun ditambah kondisi tempatnya masih sangat alami, udara yang masih sangat bersih dan menyegarkan membuat kita merasa nyaman ditambah dengan sejuknya air dari Curug Cipanunda akan semakin menambah rasa nyaman dan tenang untuk berada disana. Curug Cipanunda yang sering juga disebut curug Cipanundaan mengisahkan bahwa curug tersebut adalah tempat penyimpanan (tutundaan), yang sebenarnya adalah dahulu tempat tersebut merupakan tempat belajar mencari indititas diri untuk mengendalikan hawa nafsu bagi para calon pemimpin kerajaan sebelum turun untuk memimpin masyarakat atau rakyat atau istilah lainnya menunda atau menyimpan kebiasaan kurang baik yang sekiranya akan berdampak kurang baik terhadap dirinya sendiri maupun kepada orang lain (masyarakat).

Curug Cipanunda yang memiliki karakteristik berundak yang tidak terlalu tinggi namun menawarkan keindahan yang begitu luar biasa, curug dengan ketinggian sekitar 10-15 meter ini sangat sejuk dan menawarkan ketenangan  yang sungguh luar biasa, jika penasaran boleh di buktikan ...!!!!! ditambah lagi dengan kearifan masyarakat Kampung Tipar yang dengan keramah tamahannya menyambut kehadiran para pengunjung yang akan datang untuk berkunjung ke Curug Cipanunda.

Kabupaten Karawang memang kaya akan potensi keindahan alamnya, sungguh ironis jika potensi tersebut harus terbengkalai dan tidak termanfaatkan dengan baik khususnya oleh Pemerintah Kabupaten Karawang mengingat yang namanya pembangunan itu bukan hanya pembangunan pabrik saja namun membangun potensi yang dimiliki dengan konsep menata itu pun adalah pembangunan apalagi kalau ditambah dengan pembangunan non fisiknya dengan mengadakan pelatihan keterampilan dari potensi yang ada, pembinaan kampung atau desa sadar wisata mengingat saat ini masyarakat Karawang masih belum bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya, contoh ditempat wisata banyaknya pungli, premanisme, gaya-gayaan ingin dilihat pengunjung dengan bawa motor tanpa aturan, dll.


3.    BATU PURBA KARAWANG
Batu Purba Karawang - Pepeling

Komplek batuan purba yang berada di kaki gunung goong sangatlah eksotis jika dijadikan sebagai tempat wisata, mengingat jarak dari jalur utama pasar loji medalsari tidak terlalu jauh, komplek batuan purba ini berada di Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru, komplek batu purba jika dijadikan tempat pariwisata maka akan satu jalur menuju monumen bersejarah yang tidak pernah tercatat kesejarahannya yaitu monumen Gempol Ngadeupa yang lokasinya sama berada di kaki Gunung Goong dan tidak jauh dari lokasi batu purba.

Batu Purba Karawang dengan deretan dan pecahannya membuat kondisi batuan itu menjadi indah, karakteristik batu berwarna putih sehingga terindikasi bahwa batuan itu adalah batuan bersejarah sisa bangunan masa lalu yang hancur dihantam bencana alam, sekat-sekat yang mengias batu serta tumpukan batu (Batu Tumpang) yang seolah bangunan yang dibuat manusia dengan sudah mengenal teknik bangun yang sangat luar biasa yang mulai.

4.    SITU CIBAYAT KARAWANG
Situ Cibayat Karawang - Pepeling

Situ Cibayat yang terletak tidak jauh dari perbatasan antara karawang-purwakarta ini mempunyai pemandangan yang cukup indah tapi sayang pemerintah setempat kurang memperhatikan kondisi di sekitar situ cibayat, situ cibayat yang berada di desa kutamaneuh merupakan asset Pemerintah Daerah yang bisa dikembangkan dan dijadikan sebagai tempat pariwisata alternative di Kabupaten Karawang.

Letak lokasi yang sangat strategis sangat baik jika dikembangkan menjadi potensi kepariwisataan, hanya dengan sedikit polesan da penataan maka bukan tidak mungkin situ cibayat akan menjadi wisata unggulan di Jawa Barat. Berada diantara jalan penghubung Kabupaten Karawang dan Purwakarta sehingga akan memudahkan pengunjung yang datang.

5.   BENDUNGAN CIBEET KARAWANG
Bendung Cibeet Karawang - Pepeling

Bendungan Cibeet yang dibangun tahun 1957 s/d 1960 merupakan sebuah tempat yang sangat potensial jika dijadikan sebagai objek wisata, lokasi strategis yang berada diperbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi akan menjadi daya tarik tersendiri jika dikemas menjadi lokasi wisata kuliner dan polesan sedikit serta penataan akan menjadi daya tarik tersendiri mengingat akses jalan saat ini sudah menjadi akses utama dari karawang menuju wilayah indrustri di Kabupaten Bekasi, bendungan cibeet yang berada di Kampung Kaligandu Desa Wanajaya Kecamatan Telukjambe Barat sangat asik untuk dijadikan lokasi nongkrong yang murah meriah melepas lelah setelah bekerja.

Tidak jauh dari bendung cibeet ada sebuah lokasi pulau ditengah sungai jika dijadikan wahana akan semakin menjadi daya tarik luar biasa dan akan nampak begitu nyaman karena dikelilingi hamparan sawah dan perbukitan, bendungan cibeet tidak akan kalah oleh bendungan walahar jika dijadikan potensi pariwisata mengingat saat ini wisata merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia setelah menjalani rutinitas bekerja, selain itu juga kebanyakan objek pariwisata yang dicari masyarakat yaitu objek pariwisata yang murah meriah serta kalau pun ada yang jaraknya tidak terlalu jauh dari akses jalan utama.

6.    SITU CIPULE KARAWANG
Situ Cipule Karawang - Denia AH (Pepeling)

Lokasi Danau Cipule berada di Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, sekitar 20 km dari Kota Karawang, 3 km dari Bendung Walahar arah ke Selatan. Danau Cipule terbentuk dari kegiatan penambangan pasir yang berlangsung lama. Danau yang luas dan dalam ini berada tepat di pinggiran Kali Citarum dengan panorama indah.

Sebuah Potensi situ yang jika dikelola dengan baik akan menjadi daya Tarik tersendiri untuk sektor kepariwisataan di Kabupaten Karawang, lokasi yang begitu sudah dikenal Karena event kejuaraan olah raga dayung sering dilaksanakan di situ cipule dari mulai tingkat Kabupaten, Nasional sampai tingkat Internasional.

7.    GOA DAYEUH KAWASAN KARST KARAWANG
Goa Dayeuh Karawang - Pepeling
Goa dayeuh adalah goa yang memiliki struktur seperti benteng yang terbentuk dari batuan endapan berkisar ratusan ribu tahun ini sangatlah indah baik dilihat baik dari panoramanya, keeksotisannya dan dilain itu keseruan dibalik cerita mistisnya, goa yang berupa tebingan dengan ketinggian dinding-dinding goa sekitar 15 meter dan jika dilihat kontur serta letaknya goa dayeuh ini merupakan salah satu yang pernah dijadikan peradaban karena terlihat dari bentuk dan keadaan goa dayeuh yang walaupun saat ini sebagian dasar goa dayeuh tertutup oleh tanah namun secara bentuk dan relief goa masih sangat terlihat nilainya.


Keberadaan goa dayeuh yang berada di Desa Tamansari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang ini tidak lepas dari sebuah sejarah Kabupaten Karawang, karena pada masa Pemerintahan Bupati Karawang yang kedua yang dipimpin oleh Raden Anom Wirasuta Putra Raden Adipati Singaperbangsa bergelar Adipati Panatayudha I. Beliau dilantik menjadi Bupati di Citaman Pangkalan. Beliau setelah wafat dimakamkam di Bojongmanggu Pangkalan, Karena itulah beliau dikenal pula dengan sebutan Panembahan Manggu. Jika kita gali lebih dalam goa dayeuh yang letaknya berada ditengah  Desa Tamansari dengan adanya sumber mata air disekitarnya bahwa Goa Dayeuh erat sekali hubungannya dengan keberadaan pusat pemerintahan Kabupaten Karawang dibawah Pemerintahan Raden Anom Wirasuta.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment